Daftar Jurnal Ilmiah Terbitan UPNVY yang sudah Terakreditasi SINTA | UPT Perpustakaan UPN Veteran Yogyakarta
Our Blog post image goes here

SINTA (Science and Technology Index) merupakan portal yang berisi tentang pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi Iptek. SINTA digunakan dalam pengukuran indeksasi sebuah jurnal ilmiah. Jurnal Ilmiah Nasional yang telah di lakukan penilaian di Arjuna akan mendapatkan peringkat atau perindeksan S1-S6. Jurnal yang telah terakreditasi memuat artikel-artikel yang berkualitas karena telah melewati penilaian dari para reviewernya. Oleh karena itu untuk bisa menerbitkan artikel atau penelitian ilmiah dalam sebuah jurnal yang terakreditasi juga tidaklah mudah, karena harus melewati beberapa tahap review terlebih dahulu. Artikel-artikel dalam jurnal ilmiah ini sangat direkomendasikan digunakan sebagai sumber referensi dalam Tugas Akhir maupun Karya Tulis lain, karena kebaruan informasi yang selalu update dalam penelitian yang ada di dalamnya.  Beberapa jurnal ilmiah terbitan UPNVY yang telah berhasil terakreditasi dan terindeks SINTA antara lain:

1. Jurnal Ilmu Komunikasi (jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi)

JIK atau Jurnal Ilmu Komunikasi ini diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN "Veteran" Yogyakarta. Jurnal ini mendapatkan indeksasi S2 atau terakreditasi peringkat 2 sejak tahun 2020. Akreditasi ini berlaku selama 5 Tahun sampai dengan 2025. Jurnal ini terbit 3 kali dalam setahun, yaitu pada bulan April, Agustus dan Desember. Adapun ruang lingkup penelitian yang diterbitkan dalam JIK ini meliputi ilmu komunikasi termasuk kajian media dan jurnalistik; penyiaran maupun audiovisual; kehumasan dan periklanan. Selain itu juga penelitian atau kajian yang berkaitan seperti desain, komunikasi visual, komunikasi pemasaran, psikologi komunikasi dan sosiologi komunikasi.

2. Telematika: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi (http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/telematika/index)

Telematika adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Industri UPN “Veteran” Yogyakarta. Jurnal Telematika saat ini terbit sebanyak tiga kali dalam setahun serta telah mendapatkan Akreditasi S3 sejak tahun 2020. Jurnal Telematika menyediakan sebuah forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli , artikel review dari kontributor , dan berita teknologi baru yang berkaitan dengan teknik informatika dan teknologi informasi.

3. OPSI: Jurnal Optimasi Sistem Industri (http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/opsi)

Jurnal OPSI diterbitkan oleh Jurusan Teknik Industri UPN “Veteran” Yogyakarta untuk penelitian yang berkaitan dengan Teknik Industri, Sistem Industri, Manajemen Industri dan Teknologi Informasi. Terbit setiap 6 bulan sekali yaitu pada Juni dan Desember. Jurnal OPSI telah terakreditasi SINTA 3 oleh RISTEKDIKTI sejak tahun 2020.

4. EKSERGI (http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/eksergi/index)

Jurnal Eksergi diterbitkan oleh Jurusan Teknik Kimia, Fakultasi Teknik Industri, UPN “Veteran” Yogyakarta. Jurnal ini pertama kali terbit pada tahun 1997, dan telah terbit secara online sejak 2004. Sejak 2022, Eksergi menerbitkan artikel 3 kali dalam setahun. Eksergi menerima naskah dalam bidang Teknik Kimia meliputi energi, proses dan produksi kimia, partikel nanomaterial, desain dan control proses, pemanfaatan karbon serta limbah dan pengolahan air limbah.

5. JILK: Jurnal Ilmiah Lingkungan Kebumian (http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/kebumian)

JILK adalah jurnal sains yang diterbitkan oleh Jurusan Teknik Lingkungan, Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta. JILK terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan September. Jurnal ini hanya menerima karya ilmiah asli yang belum dipublikasikan oleh media lain. JILK menerima artikel dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan mencakup beberapa topik kajian lingkungan antara lain: Pengelolaan lingkungan industri pertambangan, Pengelolaan lingkungan industri minyak, gas, dan panas bumi, Pembangunan daerah dan mitigasi bencana. JILK telah  terakreditasi peringkat 4.

6. JPGT: Journal of Petroleum and Geothermal Technology (http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/jest)

JPGT adalah jurnal open access yang diterbitkan oleh Jurusan Teknik Perminyakan, Fakultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta.  Jurnal ini memuat bidang penelitian tentang teknologi perminyakan dan panas bumi yang mencakup geologi perminyakan, geofisika perminyakan, Teknik perminyakan, mekanik perminyakan dan Teknik panas bumi. Terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan mei dan November. JPGT telah terakreditasi SINTA 4.

7. JMEL: Jurnal Mineral, Energi dan Lingkungan (http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/JMEL)

JMEL adalah jurnal yang diterbitkan oleh FAkultas Teknologi Mineral UPN “Veteran” Yogyakarta. Tujuan penerbitan jurnal ini adalah untuk menyebarkan hasil penelitian dan konsep pemikiran mengenai geosains. JMEL secara khusus berfokus pada pengembangan dan penerapan geosains antara lain: Ilmu geologi dan Teknik energi dan sumber daya mineral, geokimia dan geofisika, geomatika, Teknik perminyakan, Teknik pertambangan dan metalurgi, penanggulangan bencana, ilmu dan Teknik lingkungan, geowisata serta teknologi kebumian.

8. JSDK: Jurnal Studi Diplomasi dan Keamanan (http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/jsdk)

JSDK adalah jurnal sains yang diterbitkan dua kali dalam setahun (januari dan July) oleh Jurusan Hubungan Internasional FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta. Jurnal ini membahas kajian teoritis atau empiris serta perkembangan hubungan internasional terkini. JSDK focus untuk menganalisis isu-isu kontemporer: diplomasi, keamanan, studi strategis, perdmanain dan resolusi konflik, kebijakan luar negeri, studi regional, serta ekonomi politik internasional. Terakreditasi SINTA 5 sejak 2019.

9. Jurnal Tanah dan Air (http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/jta)

JTA atau Jurnal Tanah dan Air dipublikasikan oleh Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta dengan Himpunan Ilmu tanah Indonesia (HITI) dan Perkumpulan Masyarakat GAmbut Indonesia (HGI). Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun (Juni dan Desember). Ruang lingkup kajian dalam jurnal ini meliputi Fisika dan konservasi tanah, ineralogi tanah, kimia tanah, kesuburan tanah, kualitas tanah dan air, agroklimatologi, pengelolaan air tanan hingga system informasi geografis (SIG).

10. JURNAL AGRIVET (http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/agrivet)

AGRIVET adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan penelitian dan membahas beberapa aspek yang berkaitan dengan pertanian. Jurnal ini dikelola oleh Program studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta. Beberapa ruang lingkup dan focus dari jurnal AGRIVET antara lain: Produksi tanaman, fisiologi tumbuhan, bioteknologi tumbuhan, ekologi tumbuhan, pemuliaan tanaman, teknologi benih, gulma, hama dan penyakit tanaman, serta agen biologis. Jurnal AGRIVET terbit dua kali pertahun pada Juli dan Desember. Hasil akreditasi jurnal ini yaitu SINTA 5.

11. IJCS: The Indonesian Journal of Communication Studies (http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/ijcs/index)

IJCS dipublikasikan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi, FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta. Jurnal ini terbit dua kali dengan ruang lingkup kajian meliputi studi media, hubungan masyarakat, komunikasi pemasaran, media baru, komunikasi politik, periklanan, penyiaran dll.