AKREDITASI | UPT Perpustakaan UPN Veteran Yogyakarta
Our Blog post image goes here

UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta Berhasil Meraih Akreditasi A dari Perpusnas RI

 Akreditasi merupakan sebuah bentuk pengakuan formal dari sebuah Lembaga Akreditasi yang menyatakan bahwa lembaga tertentu telah memenuhi persyaratan minimal terkait standar yang berlaku. UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta telah melakukan akreditasi yang dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional RI dan telah memenuhi standar pengelolaan perpustakaan perguruan tinggi.

Proses akreditasi dimulai dengan pembinaan yang dilakukan oleh Bapak Drs. Budiyono, S.IP dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD-DIY) yang kemudian dilaksanakan pada 23 November 2020 secara daring. Bertindak sebagai Asesor untuk Perpustakaan UPNVY yaitu Ibu Arsi Suparni, S.Sos., M.Hum dari Perpusnas RI. Asesor mengkonfirmasi instrumen dalam borang akreditasi perpustakaan yang terdiri dari 6 komponen yaitu, Komponen koleksi, Sarana dan Prasarana, Pelayanan, Tenaga Perpustakaan, Penyelenggaraan dan pengelolaan serta komponen penguat yang terdiri dari inovasi/kreativitas, keunikan, prestasi serta komitmen pimpinan Universitas.

Kepala UPT Perpustakaan UPNVY, Drs. Nur Ali Amri, MT., Ph.D memberikan selamat dan harapan “Akreditasi ini kami ikuti untuk meningkatkan kualitas layanan dan mengevaluasi kekurangan. Kami berterimakasih kepada pimpinan, para staf perpustakaan dan pihak-pihak yang mendukung selama ini. Kedepannya kami akan berusaha mempertahankan yang sudah baik dan meningkatkan kualitas.” Perpustakaan UPNVY mendapatkan hasil terbaik yaitu nilai akreditasi A dengan 3 (tiga) rekomendasi dari asesor untuk dapat melakukan peningkatan, diantaranya perlunya meningkatkan kualifikasi kepala perpustakaan sesuai SNP, meningkatkan sumber anggaran tetap untuk perpustakaan serta meningkatkan jumlah prestasi perpustakaan.

Nilai akreditasi ini akan menjadikan self-awareness dari suatu organisasi agar dapat mempertahankan dan meningkatkan kembali layanan prima kepada pemustaka. Oleh karena itu, UPT Perpustakaan UPNVY harus terus mempertahankan kinerjanya dan dapat bekerjasama dengan seluruh civitas akademika UPN “Veteran” Yogyakarta dengan lebih baik. Karena tidak akan ada prestasi yang dapat diraih tanpa dukungan dari berbagai pihak. Terimakasih kepada seluruh staff maupun pihak yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan pencapaian ini. Semoga Perpustakaan UPNVY terus memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat khususnya dalam dunia pendidikan. (Nurul/Pust)