Workshop Analisis Bibliometrik Menggunakan Aplikasi VosViewer dalam Penyusunan Artikel Ilmiah pada Jurnal Bereputasi | UPT Perpustakaan UPN Veteran Yogyakarta
Our Blog post image goes here

Dalam upaya mendukung visi misi Universitas, Perpustakaan UPNVY menyelenggarakan workshop  yang bertujuan meningkatkan kualitas penelitian civitas akademik dengan judul "Analiais Bibliometrik Menggunakan Aplikasi VosViewer dalam Penyusunan Artikel Ilmiah pada Jurnal Bereputasi" pada hai Jum'at, 3 Mei 2024. Kegiatan ini berlangsung di Ruang seminar FTM lantai 2 Gedung Arie Federick Lasut, kampus 1 UPN "Veteran" Yogyakarta.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Bu Dr. Dra. Machya Astuti Dewi, M.Si ini diikuti oleh lebih dari 100 orang peserta baik Dosen maupun Mahasiswa UPNVY.  Perpustakaan bekerjasama dengan MMB (Magister Manajemen Bencana) menghadirkan 3 Narasumber sekaligus yang dibagi dalam dua sesi dalam acara yang berlangsung selama seharian penuh. Sesi pertama yang di moderatori oleh Ibu Yohana Noradika Maharani, ST, M. Eng., Ph.D. dengan Narasumber pertama yaitu Bapak Purwoko, M.A, Pustakawan Fakultas Teknik UGM yang memberikan materi dengan judul "Melihat Riset Terdahulu menggunakan Analisis Bibliometrik" yaitu menggunakan aplikasi VosViewer. Menurut Purwoko,M.A, produk dari analisis bibliometrik yaitu hasil analisis bibliometrik yang digunakan untuk kepentingan sendiri dan paper bibliometrik yang diterbitkan oleh jurnal. Dalam Analisis bibliometrik ini, kita dapat mengetahui tren-tren penelitian serta dapat mengetahui keterkaitan subjek maupun kepengarangan suatu artikel ilmiah.

Narasumber kedua yaitu Bapak Dr. Heri Septya Kusuma, S.Si., M.T. Beliau adalah salah satu Dosen Teknik Kimia UPNVY sekaligus peraih Top 2% Scientists In the World: Single year impact (2022-2023). Pak Heri menyampaikan materi dengan judul "How to write Scientific Publication" dimana beliau berbagi pengalaman dan memberikan tips dan trik dalam melakukan publikasi pada jurnal internasional. Selanjutnya sesi ke dua setelah ishoma, kegiatan workhsop di moderatori oleh Bapak Dr. Jaka Purwanta, ST., M.Si dengan Narasumber terakhir yaitu seorang dokter spesialis: dr. Dian Kesumapramudya Nurputra, Ph.D, M.Sc, SpA, Subs. Neuro (K), seorang dokter sekaligus dosen pada Fakultas Kedokteran UGM. Karena pada workshop kali ini, perpustakaan bekerjasama dengan MMB maka narasumber juga khusus didatangkan dari seorang dokter dengan pengalaman menulis pada jurnal bereputasi. Beliau menyampaikan materi dengan judul "Writing and Publishing a Manuscript In Medicine". Beliau banyak menyampaikan tips dan trik publikasi ilmiah dalam bidang medis.