Peningkatan Softskill Penelusuran E-resources Perpustakaan | UPT Perpustakaan UPN Veteran Yogyakarta
Our Blog post image goes here

Dalam rangka meningkatkan keterampilan penelusuran informasi khususnya dalam bentuk informasi digital, Perpustakaan UPNVY melaksanakan workshop dengan tema Peningkatan softskill penelusuran E-Resources Perpustakaan. Workshop ini diikuti oleh para Pustakawan, Pengelola Jurnal serta Koordinator Program Studi Magister. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Grand Keisha Yogyakarta pada tanggal 21 Oktober 2022. Dalam kesempatan kali ini, Perpustakaan mengundang kembali Bu Nina (Dr. Purwani Istiana, S.IP., M.A) sebagai Narasumber utama, serta Pak Yanto (Dwi Janto Suandaru, S.E) sebagai narasumber kedua.
Rektor UPN Veteran Yogyakarta Prof. Dr. M.Irhas Effendi, M.S memberikan sambutan sekaligus membuka acara workshop yang diselenggarakan oleh Perpustakaan ini. Dalam sambutannya rektor menyampaikan beberapa poin penting antara lain: pentingnya meningkatkan kualitas penelitian untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta pentingnya kemampuan penelusuran e-resources berupa e-journal untuk meningkatkan kualitas riset Universitas.
Dalam kesempatan yang dihadiri oleh Rektor UPNVY ini, Bu Nina sebagai Narasumber mendorong UPNVY untuk semakin meningkatkan kualitas riset dengan menggunakan sumber rujukan yang tepat, strategi penelusuran serta penggunaan aplikasi pendukung riset dan publikasi. Menurutnya, dalam data kinerja penelitian, UPNVY memerlukan update data secara signifikan baik dalam database SINTA maupun Scopus agar kinerja institusi dapat terukur dengan lebih baik. Beliau berasumsi bahwa sepertinya banyak Dosen UPNVY yang belum update penelitian dalam ID Google Schoolar nya, sehingga mempengaruhi data yang ditampilkan dalam Database Indexing-nya.
Selanjutnya, Bapak Dwi Janto Suandaru, S.E selaku agen tunggal Database yang di langgan oleh UPNVY antara lain; database JSTOR, Wiley, proquest dan ScienceDirect menjelaskan langkah-langkah akses database tersebut. Penjelasan yang diberikan sekaligus langsung di prektikkan oleh seluruh peserta.
Dengan diadakannya workshop peningkatan softskill ini diharapkan penggunaan database yang dilanggan oleh UPNVY semakin meningkat dan membawa manfaat yang semakin nyata untuk institusi dalam mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa Penelitian yang berkualitas./Nurul Alifah